Pendidikan



Sedikit berbagi tentang RPP komputer untuk yang Kurikulum 2013(k-13)
walaupun pada dasarnya komputer telah di singkirkan dari mata pelajaran tapi di beberapa sekolah yang Modern tetap membuat mata pelajaran komputer tapi sedikit merubah mata pelajaran nah kalau ini adalah contoh RPP pelajaran Komputer k-13 revisi terbari 2016
semoga bermanfaat



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


  Satuan Pendidikan               :   SMA SWASTA SHAFIATUL AMALIYAH
Mata Pelajaran
:
Prakarya Komputer
Kelas / Semester
:
X / 1
Pertemuan ke
:
1
Alokasi Waktu
:
1 x 45 menit (1 x Pertemuan)


A.    KOMPETENSI INTI
KI.1     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI.2     Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI.3. Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI-4.  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.















B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi.
Kompetensi Dasar

KD
KD Pengetahuan
Ketrampilan
3.3
Mengenal program pengolah video

4.3 Menyajikan informasi mengenai program pengolah video

           
            Indikator Pencapaian Kompetensi 

IPK Pengetahuan
IPK Ketrampilan
3.3.1        Mengenalkan program editing video
3.3.2        Menganalisis fungsi dasar editing video
3.3.3        Membandingkan program dan fungsi yang terdapat pada editing video
4.3.1    Menyajikan informasi mengenai program pengolah video



C.   Tujuan Pembelajaran

Melalui pembelajaran Discovery Leraning tentang  perkembangan editing video maka siswa mampu Menganalisis program editing video,  Menganalisis fungsi dasar editing video, Membandingkan program dan fungsi yang terdapat pada editing video, serta Menyajikan hasil penalaran dalam bentuk lisan dan tertulis tentang informasi mengenai program editing video.

Materi Pembelajaran
1.    Pengenalan editing video
2.    Fungsi dasar editing video
3.    Perbedaan macam-macam program editing video

D.   Pendekatan dan Model Pembelajaran
1.    Metode kooperatif Learning ( diskusi, tanya jawab dan penugasan)
2.    Model Discovey learning

E.   Sumber, Alat dan media
1.    Sumber
a.    Buku pembelajaran editing video
b.   Modul pembelajaran dari guru bidang studi
c.    Sumber dari internet

2.    Alat
a.    LCD, proyektor, software editing video, komputer/laptop
3.    Media
a.    PPT
b.   Video tutorial
c.    Kumpulan video contoh

F.   Kegiatan pembelajaran

1.   Kegiatan Pendahuluan

                 Langkah-langkah kegiatan
AW
a.    Memberi salam (PPK. Spiritual)
b.   Berdoa (PPK. Spiritual)
c.    Menyanyikan lagu kebangsan Indonesia Raya (Khusus untuk jam pertama) (PPK.Nasionalisme, tanggung jawab, kebersamaan )
d.   Mengecek kehadiran(PPK. Keingin tahuan)
e.   Mengondisikan siswa untuk belajar dengan situasi yang menyenangkan(PPK. Disiplin dan Keteraturan dalam mematuhi peraturan)
f.    Memotivasi siswa untuk belajar dengan baik menghargai akan perkembangan teknologi dengan video motivasi(PPK. Meningkatkan minat belajar)
g.    Menyampaikan tujuan pembelajaran (PPK. Mencapai tujuan)
10





2.   Kegiatan Inti

a.    Memberikan Stimulus  dan memotivasi siswa untuk bertanya
Meyajikan kepada  kepada siswa mengenai permaslahan yang berkaitan dengan masalah yang akan dibahas, Contoh stimulus yang diberikan dan merangsang siswa untuk bertanya  adalah sebagai berikut:
Berlatih Berfikir Kritis untuk melakukan penilaian dan menetukan keputusan secara efektif dalam mengolah data Serta mencari informasi, melalui kegiatan Literasi untuk mengeidentifikasi informasi yang relevan dan membeuat keterkaitan dari informasi yang dibacanya

 











Coba Perhatikan  gambar berikut

Gambar apakah ini ? Bagaimanakah warna yang tergabung?
Apa yang bisa kalian jelaskan mengenai gambar graphic diatas ?

Perhatikan  gambar 2 berikut ini

Gambar apakah ini ? Bagaimanakah warna dan bentuk gambar?
Apa yang bisa kalian jelaskan mengenai gambar graphic diatas?





·         Berlatih berkolaboratif , adanya kemampuan dalam bekarjasama dengan kelompok, mampu berkompromidengan baik untuk mendapatkan informasi dari masalah yang dihadapi
·         Mengkominukasikan dengan  kemampuan untuk mengutarakan ide-ide  serta mampu menggunakan bahasa lisan  yang sesuai dengan konteks dan
·         Membangun kreatifitas
 














a.    Siswa membuat bebrapa kelompok
b.   Siswa bersama kelompok mengidentifikasi masalah :
1)    Kelompok 1 Mengenal program editing video  
2)    Kelompok 2 Menganalisis  fungsi dasar program video
3)    Kelompok 3 Membandingkan program dan fungsi yang terdapat pada editing video
·         Melatih berfikir kritis dan pemecahan  masalah, menganalisa , serta menyelesaikan suatu masalah
·         Melatih kemampaun literasi dengan mencari informasi dari berbagai macam sumber baik sumber buku maupun sumber yang lainnya
·         Pendidikan karakter mengembangkan sikap sosial  mampu menghargai perbedaan kelompok saat berdiskusi
 















2.   Mengumpulkan Data
a.    Siswa bersama kelompok diskusi mengumpulkan data berupa informasi-informasi yang terkait dengan masalah yang harus di analisis baik dari buku paket maupun dari sumber yang lain internet
b.   Selama siswa berdiskusi dengan kelompoknya, guru sebagai fasilitator mendorong siswa untuk aktif terlibat dalam diskusi dan menanggapi jika ada kesulitan yang dihadapai oleh kelompok


·         Creativitas , belajar mengemukakan ide-ide kreastif secara konseptual dan praktikal
 








3.   Memverifikasi Data
a.    Setelah siswa berhasil megumpulkan data-data yang terkait dengan masalah siswa melakukan verifikasi data dengan mengambil informasi-informasi yang sesuai dengan permasalahan

1.   Menyimpulkan
a.    Siswa bersama kelompok menyimpulkan hasil verivikasi dengan menyimpulkan hasil diskusi
·          melakukan kolaborasi dan komunikasi dengan Menggunakan kemampuan yang dimilikinya untuk berusaha menyampaikannya dengan bahasa lisan  sesuiai dengan konten dan kontekshasil dari diskusi
 








2.   Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
a.    Siswa dalam kelompok memepresentasikan hasil diskusi

65



3.   Kegiatan Penutup

a.    Menyimpulkan pembelajaran secara bersama
b.   Merefleksi hasil pembelajaran
c.    Menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya

15





G.   Penilaian
1.    Teknik Penilaian
a.    Penilaian Sikap             : Observasi/pengamatan
b.   Penilaian pengetahuan : Tes tertulis dan penugasan berupa praktek
c.    Penilaian Ketrampilan   : Unjuk Kerja (pengeditan video)
2.    Bentuk Penilaian
a.    Observasi                     : lembar pengamatan aktivitas siswa
b.   Tes Tertulis/Penugasan : lembar Kerja
c.    Unjuk Kerja                  : Lembar penilaian presentasi

3.    Remidial
a.    Tugas membuat Rangkuman  dengan indikator yang tidak mampu dicapai
b.   Tugas berupa tugas mandiri untuk mempelajari Materi dengan Indikator yang belum dicapai
c.    Pembuatan rangkuman fungsi editing video 

4.    Pengayaan
a.    Menjadi Tutor sebaya kepada teman yang belum mampu mencapai KKM pada indikatornya
b.   Diberikan  pada siswa  materi pada pertemuan selanjutnya sebagai pengetahuan tambahan          



         


Mengetahui,
Kepala sekolah
SMA SWASTA SHAFIATUL AMALIYAH



Rudi Sumarto, S.Si., MM


Medan,  Juli 2017
Guru Mata Pelajaran





Suhendra, S.kom



Tidak ada komentar:

Posting Komentar